RajaBackLink.com

Sejarah Bahasa Indonesia dan Perkembangannya Lengkap

Sejarah bahasa Indonesia dan Perkembangannya

Tahukah kamu bagaimana sih sejarah bahasa Indonesia? Bagaimana bahasa yang satu ini bisa menjadi nasional di negara kita? Melalui konten ini saya akan mengupas bagaimana sejarah bahasa Indonesia dan perkembangannya dari dulu hingga saat ini. Yuk disimak!

Sejarah Bahasa Indonesia dan Perkembangannya

Sebenarnya bahasa Indonesia merupakan bentuk standar dari Bahasa Melayu. Artinya, bahasa Indonesia yang kita gunakan saat ini dalam kehidupan sehari-hari mulanya berasal dari Bahasa Melayu yang dahulunya digunakan masyarakat Kepulauan Riau pada abad ke 19. Jadi bisa dibilang bahwa bahasa Melayu merupakan akar dari Bahasa Indonesia.

Apa itu bahasa? Berikut ini definisi bahasa menurut para ahli.

Bagaimana Bahasa Melayu Bisa Masuk Ke Indonesia?

Bahasa Melayu dahulunya digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bahasa pergaulan. Jadi dalam kehidupan sehari-hari mereka berbicara menggunakan bahasa tersebut (re:Melayu). Apa buktinya? Jawabannya adalah berdasarkan peninggalan-peninggalan prasasti-prasasti pada zaman itu.
  • Ada Prasasti Prasasti Kedukan Bukit di Palembang yang berangka tahun 683 M;
  • Prasasti Kota Kapur di Bangka Barat yang Berangka tahun 686 M;
  • Dan juga ada Karang Brahi di Jambi yang berangka tahun 688 M.
  • Tulisan pada nisan di Minye Tujoh, Aceh yang berangka tahun 1380 M.
  • Dan yang terakhir adalah Prasasti Kedukan Bukit di Palembang yang berangka tahun 683 M.

Tetapi kok Bahasa Melayu yang Dipilih? Mengapa bukan bahasa yang lain?

Jadi begini, setidaknya ada beberapa alasan yang membuat Bahasa Melayu dijadikan sebagai Bahasa di negara kita pada kala itu, bahkan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Faktor-faktor tersebut antara lain :
  • Bahasa Melayu dianggap sederhana sehingga mudah dipahami dan dipelajari;
  • Bahasa Melayu dianggap sebagai bahasa pengantar;
  • Ketiga, suku-suku yang ada di Nusantara pada saat itu telah mengakui dan menerima Bahasa Melayu sebagai dasar Bahasa Indonesia;
  • Dan faktor yang terakhir adalah Bahasa Melayu dianggap memiliki kemampuan sebagai bahasa kebudayaan.

Lambat laun seiring berjalannya waktu bahasa yang satu ini semakin berkembang pesat dan digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia di berbagai daerah dengan dialek yang berbeda-beda.

Baca juga : fungsi bahasa

Bahasa Indonesia Ditetapkan Sebagai Bahasa Nasional

Sumber gambar : nasional.kompas.com

Jadi semua berawal dari tanggal 28 Oktober 1928, yang kini kita kenal sebagai Hari Sumpah Pemuda. Pada saat itu, para pemuda dari seluruh penjuru Nusantara berkumpul dan mengucapkan ikrar :
  1. Kami Putra & Putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, Tanah Air Indonesia.
  2. Kami Putra & Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.
  3. Kami Putra & Putri Indonesia mengaku menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Itulah ikrar yang disebut dengan Sumpah Pemuda. Saat itulah awal mula ditetapkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Bahasa Indonesia terus mengalami perkembangan yang didorong dengan adanya kebangkitan nasional.

Baca juga konten ini : teori asal usul bahasa.

Peresmian Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Negara

Sejarah singkat lahirnya bahasa Indonesia, sampai pada sebuah titik dimana secara resmi kedudukannya menjadi bahasa negara yang berlaku sejak 18 Agustus 1945 tepat satu hari pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagaimana disebutkan pada Bab XV Pasal 36 UUD 1945 yang berbunyi :

"Bahasa negara adalah bahasa Indonesia"

Setelah penetapan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara, Bahasa Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang lebih pesat dari tahun ke tahun. Bahkan pemerintah memberikan perhatian khusus kepada perkembangan bahasa dengan membentuk lembaga Pusat Bahasa dan Penyelenggara Kongres Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia Terus Disempurnakan

Sejarah Bahasa Indonesia tak berhenti sampai di sini saja, bahasa nasional kita terus mengalami perbaikan dan juga pembaharuan mengenai ejaan dari ejaan lama hingga PUEBI seperti saat ini. (Selengkapnya mengenai perkembangan ejaan bisa kamu baca di sini).

Akhir kata, demikian konten yang bisa saya berikan mengenai sejarah Bahasa Indonesia kepada semua Sahabat Ayo Berbahasa dimanapun berada. Silakan bagikan postingan ini bila bermanfaat ya, Terima kasih.

1 komentar

Komentar yang sesuai dengan postingan dan tidak mengandung unsur negatif pasti akan disetujui oleh admin :)

Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif
Indonesia Website Awards